Dewan Riset Daerah Gresik Kaji Pariwisata Desa Sekapuk

Ujungpangkah.   Dewan Riset Daerah Gresik Kaji Pariwisata Desa Sekapukjungpangkah.    Dewan Riset Daerah (DRD) Kab Gresik melakukan penelitian ke Desa Sekapuk Area SETIGI (Selo Tirto Giri) wisata alam desa Sekapuk yang sudah beberapa kali dikunjungi oleh turis mancanegara, yang sangat potensial dijadikan industri wisata  . Dipimpin langsung Ketua DRD Kab Gresik Prof. Joko mursito, mereka ingin melihat secara langsung kebijakan dan implementasi Desa Sekapuk dalam mengembangkan sektor pariwisata.


"Kita akan melihat bagaimana kebijakan Desa Sekapuk Kec Ujung Pangkah untuk mengembangkan pariwisata. Hasil dari pemantauan ini, akan menjadi kajian lebih lanjut di Dewan Riset," tutur Joko saat ditemui di Kantor Kepala Desa Sekapuk, Kamis (6/9/2018).

Hasil kajian tersebut, lanjut Joko, akan diajukan acuan bagi Pemkab Gresik untuk mengambil kebijakan yang lebih luas. "Hasilnya nanti akan disampaikan kepada Bupati. Nantinya, rekomendasi dari DRD ini, akan menjadi acuan untuk menjadi dasar pengambilan kebijakan. Seperti halnya, rekomendasi pemberian bantuan pengembangan dan lainnya," papar joko.



Selain melakukan diskusi langsung dengan para pemangku kebijakan di sektor pariwisata, DRD Gresik ini juga dijadwalkan akan mengunjungi wisata Pantai sekitar. Tempat wisata yang tak jauh dari pusat kota ini, menarik perhatian DRD Jatim, karena melibatkan masyarakat secara langsung dalam pengelolaannya.

"Kita akan mengunjungi Area SETIGI (Selo Tirto Giri) wisata alam desa Sekapuk  Ini menarik, karena melibatkan masyarakat langsung mengelola wisata yang berbasis pelestarian lingkungan," terangnya.



Kunjungan DRD Gresik sebenarnya bukan kali pertama. Sekitar beberapa bulan lalu, mereka juga melakukan riset di Desa sekapuk. Di antaranya melihat potensi wisata Sekapuk, Kec Ujungpangkah yang akan diorbitkan menjadi desa kebangsaan.

"beberapa bulan yang lalu, Kita melihat prospek desa Sekapuk di sana," ungkap Joko.
Mereka langsung diterima oleh Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim diBalai desa Pertemuan di pendopo desa sekapuk oleh BAPPEDA yg dihadiri juga oleh dinas PU,dinas pariwisata,PMD, dan juga perwakilan tokoh masyarakat,pemuda,BPD serta bpk camat beserta jajarannya.Harapan sy selaku kades,agar tidak cukup sebatas diskusi,melainkan aksi nyata termasuk segera ditertibkan perbup utk wisata desa, sehingga bisa menjadikan desa tsb memiliki kekuatan ekonomi secara mandiri kedepannya.(yon)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDULI DAMPAK COVID-19 PEMDES BANYUURIP DAN BHABINKAMTIBMAS POLSEK UJUNGPANGKAH BERI BANTUAN SEMBAKO UNTUK KELUARGA PASIEN COVID-19

Pam Jalur Upacara Hari Santri

Polsek Wringinanom Bersama Koramil 0817/02 Laksanakan Giat Karya Bhakti Bersama Warga.